Pameran Lukisan Sarnadi Adam "Betawi dalam Lukisan"

Pelukis Betawi, Bpk. Sarnadi Adam

Jakarta, Selasa 15 Agustus 2017. Aston Marina - Ancol menyambut perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 dengan menggelar Pameran Lukisan karya  Sarnadi Adam dengan tema bertajuk "Betawi dalam Lukisan". Aston Marina bersama Merpati Training Center dan Woman Radio FM mengadakan Pameran Lukisan karya Sarnadi Adam ini hanya berlangsung selama 10 hari, tepatnya sejak tanggal 15 Agustus 2017 - 25 Agustus 2017.

DPD-RI Oesman Sapta Odang Memberikan Sambutan

Pagelaran pameran lukisan ini, perdana dibuka langsung oleh DPD Republik Indonesia Oesman Sapta Odang dan tentu saja bersama Bapak Sarnadi Adam. Para undangan lainnya hadir pula anggota DPD lain mewakili daerahnya masing-masing. Sambutan demi sambutan mengisi acara tersebut, tidak terkecuali lagu Indonesia Raya-pun ikut dinyanyikan.

Lukisan Karya Sarnadi Adam

Apabila kalian termasuk pencinta seni lukis, sangat direkomendasikan untuk datang ke acara pameran Lukisan karya Sarnadi Adam, tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Saya yang ikut menikmati lukisan demi lukisan di gerai pameran lukisan ini, sangat terpukau dengan karya-karya beliau. Banyak dari lukisan yang dipamerkan mengangkat sosok perempuan betawi pada jaman dahulu kala. Bapak Sarnadi Adam sangat respek terhadap nelayan perempuan dan penari betawi, oleh sebab itu karya-karya beliau banyak mengangkat profesi tersebut.

Para Undangan lain ikut meramaikan Pembukaan Perdana Pameran Lukisan karya Sarnadi Adam

Sambutan dari pihak Aston Marina disampaikan oleh Marketing Communications Manager, Bapak Paundra Hanutama. Paundra Hanutama menyampaikan bahwasanya dengan adanya pameran lukisan "Betawi dalam Lukisan" karya Sarnadi Adam dapat memicu masyarakat Jakarta untuk menikmati lukisan-lukisan ini dengan semangat dan memperkuat karakter bangsa, apalagi kita sedang dalam suasana memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Pameran lukisan ini dipamerkan secara gratis, saya sangat mengharapkan masyarakat jakarta datang dan melihat pameran lukisan karya Sarnadi Adam, tambahnya.

Biography Sarnadi Adam

Sarnadi Adam lahir di Simprug, Kebayoran Jakarta Selatan, pada 27 Agustus 1956. Sejak usia muda dia sudah mengakrabi dunia seni, terutama seni rupa. Beliau masuk sekolah Seni Rupa Indonesia di Yogyakarta, lalu meneruskan kuliah di ISI (Institut Seni Indonesia) Yogyakarta jurusan seni lukis. Tahun 2012 ia menempuh kuliah program doktoral di institut yang sama.

Debut pertama dari Sarnadi Adam langsung menjadi seorang Pelukis. Selain aktif melukis, beliau juga berprofesi sebagai dosen di jurusan seni rupa Universitas Jakarta sejak tahun 1986.  Tak hanya itu, Bapak Sarnadi Adam sempat mengadakan pameran lukisan di negeri Belanda, Jerman, Perancis, Swedia, Luxemburg, New York, New Jersey dan Boston pada tahun 1992-2002.

Saat ini, lukisan Sarnadi Adam banyak di koleksi di berbagai lembaga dan perseorangan seperti Dewan Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Bentara Budaya Jakata, Museum Jakarta, Bank Indonesia Jakarta, beberapa walikota  Jakarta, Wakil Gubernur Jakarta, Gubernur Jakarta, Wakil presiden dan Presiden RI. Penggemar karyanya juga tersebar di Eropa (terutama Belanda) dan Amerika.

Penghargaan yang pernah diraih
  • Prahtka Adhi karya Yogyakarta (1975).
  • Penghargaan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1984).
  • Dosen teladan Universitas Negeri Jakarta (1996).
  • Pelukis terbaik DKI Jakarta dari Gubernur DKI Jakarta (2000).
  • The Best Indonesia Profesional of the year (2000).
  • Satya Lancana Karya Satya X Tahun dari presiden RI (2000).
  • The Exlusive Figur in Asia 2003 dari Wakil Presiden RI (2003)

Aston Marina Jakarta Marina Mediterania

Tower A Jl. Lodan Raya No. 2A Jakarta 14430, Indonesia. Telp: +6221- 68937120 Email: info@astonmarinaancol.com. Website: www.astonmarinaancol.com


 

end
  • Monica Anggen

    Keren-keren semua ya lukisan di sini, trus suasana Aston Marina Ancolnya juga asyik banget. Nanti klo ada pameran lukisan lagi kasih info ya

  • mikhail surjadi

    Saya sendiri belum pernah melihat pameran lukisan sebelumnya, jadi tertarik memahami seni lebih dalam nih. Apalagi gratis😊

  • Nova Violita

    Wah.. lukisannya bagus2 keliatan khas tradisional masyarakat Betawi.. cara berpakaian nya itu..loh..
    Persis banget menggambarkan masyarakat Betawi tempo dulu..

  • Ica Annajmi

    Duh salah satu bucket list yang ingin saya kunjungi itu pameran lukisan mas, tapi di Pekanbaru (kota saya tinggal) jarang ada. semoga saya berkesempatan ya lihat pameran lukisan seperti ini. Bagus banget :’) terakhir saya menyempatkan ke Jogja untuk ngeliat Jogja Art Week tahun 2016 lalu :’)