Asus VivoBook Laptop NanoEdge Tipis dengan Harga Termurah

Laptop dengan layar 15 inci (15") itu laptop yang gue banget, besar, elegan, cantik, modis, dan prestige tentu naik dong. Sayangnya, kebanyakan laptop yang beredar saat ini nih ya berat dibawa dan sempit kali saat dimasukkan ke tas, soalnya gendut alias nggak tipis.

Pas lagi nongkrong bareng teman, gue ada tanya sama dia, "Ada nggak sih laptop 15 inci yang tipis gitu, terus punya performance yang ajib?

Teman yang duduk di sebelah gue langsung nyamber aja,
"Ada!!" katanya.

"Hah? Masa?" tanya gue nggak percaya.

"Kudet, lu." Sekali lagi teman gue nyamber. "Emang ada banyak jenis dan macam laptop yang beredar di pasaran, cuma yang elegan, murah, dan performance bagus, ya cuma Asus. Percaya deh ma gue. Tapi gue lupa nih seri laptop yang mana yang lu maksud," terang teman gue.

"Ah, elu, bikin gue penasaran aja," gerutu gue karena tak mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Alhasil dari sedikit percakapan hari itu, gue mulai mencari tahu keberadaan laptop Asus yang katanya keren tadi. Setelah searching di Mbah Gugel dari pagi sampe sore, pilihan gue jatuh ke satu-satunya yang memang seperti teman gue bilang, ASUS VivoBook S15 S510UQ.

Nih beberapa hasil searching, membandingkan, dan tes performance yang gue lakuin di beberapa layanan tes benchmark online. Simak terus, Guys....

Desain dan Layar

ASUS VivoBook S15 S510UQ mempunyai bodi tipis dengan chassis alumunium. Eh tau gak, kalau pada seri ini bentuk dan bodi adalah bentuk dari seri 14 inci, soalnya dia tuh pake teknologi bezel nanoedge yang tipis jadi antara layar dan bodi bisa mencapai 80% dan desain nanoedge-nya cuma 0,78 cm. Beratnya cuma 1,5 kg dan ketebalan hanya 17,9 mm. Bagian atas masih agak lebar karena untuk space menyematkan fitur webcam. Layar dari ASUS VivoBook S15 S510UQ ini memiliki fitur Full HD (1920x1080) juga, jadi nonton film dan main game juga terasa asik. Keren banget kan? Ini nih point pertama yang bikin gue jatuh hati.

Performa

Untuk urusan performa, Asus VivoBook S15 menyematkan processor intel generasi ke-7 Kabylake yang dilengkapi dengan Corei5 7200U  quad thread dan cache 3M, lalu disematkan VGA  NVidia GT940MX dedicated 2GB VRAM. Kombinasi yang sempurna antara desain dan kinerja dari processor dengan VGA yang jelas mumpuni untuk keperluan game, editing film, dan aplikasi desain. Pada laptop seri ini daya listrik yang diperlukan hanya sebesar 7,5 watt sampai dengan 25 watt.

Selain mendapatkan dukungan processor terbaru generasi ke-7 dari intel, laptop ini juga didukung oleh dua media penyimpanan yang besar, yaitu 128 GB SSD sebagai media penyimpanan sistem operasi yang mampu menghasilkan transfer data yang sangat-sangat cepat dan 1TB HDD 2,5 inci (2,5"). Ini bukti dan janji dari Asus bahwa laptop mereka sangat bertenaga, ya bisa dibuktikan dengan perbandingan produk sejenis di kelasnya, ASUS VivoBook S15 S510UQ bekerja lebih cepat dan stabil.

Panas yang menjadi kendala dari kebanyakan laptop menjadi momok dari umur sebuah laptop. Bukan masalah kalau ASUS VivoBook S15 S510UQ, dengan teknologi ASUS IceCool dan fitur kontrol kipas terbaru yang demikian canggih maka panas tersebut akan hilang dengan cepat. Selain itu juga mampu mengontrol sirkulasi panas melewati pipa tipisnya, tata letak secara internal juga ikut membantu menghasilkan sirkulasi yang baik. Suhu panas yang dihasilkan oleh laptop VivoBook ini dapat dengan mudah dibuang sehingga kinerja komputasi dapat maksimal serta nyaman digunakan.

Konektivitas

Konektivitas yang disematkan pada laptop seri ini dilengkapi oleh beberapa port yang sering digunakan kesehariannya oleh kita. Pada posisi kanan terdapat lima port antara lain port audio, dua port USB 3.1, port HDMI, dan port input power DC. Sedangkan pada posisi kiri terdapat tiga port yang antara lain terdapat port USB 2.0 dua buah dan port card reader (SD Card).

Keyboard - Touchpad

Permukaan panel keyboard pada ASUS VivoBook S15 S510UQ agak melandai. Tata letak itu sengaja dibuat agar tangan pengguna lebih nyaman ketika berlama-lama menggunakan papan ketik. Tombol power juga berada di dalam deretan tombol, biasanya sih ditempatkan di luar panel keyboard. Dengan tata letak seperti itu permukaan laptop ASUS VivoBook S semakin terlihat ergonomis.

Sedangkan pada touchpad masih sama menggunakan fungsi multi-gesture seperti pada Asus A series yang sama-sama menggunakan processor intel generasi ke-7, hanya saja pada ASUS VivoBook S15 S510UQ ini mendapatkan fitur unggulan lain yaitu fingerprint yang letaknya menjadi satu pada touchpad. Kecepatan baca untuk fingerprint-nya tergolong cepat, sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.

Baterai

Pada umumnya laptop mempunyai daya menyala kurang lebih sampai dengan 4 jam dan menggunakan silinder Lithium-ion. Beda halnya dengan ASUS VivoBook S15 S510UQ yang telah menggunakan baterai Polimer Lithium, daya dan umur pakainya adalah tiga kali lebih lama daripada Lithium-ion. Daya tahan baterai dalam pemakaiannya juga tahan sampai 8 jam. Fitur lainnya adalah quick-charge, ASUS VivoBook S15 S510UQ mampu mengisi baterai mulai dari 0% - 60% hanya dalam waktu 49 menit saja. Ditambah ada fitur bawaan berupa aplikasi yang dapat mengontrol baterai dan charging, aplikasi tersebut adalah SuperBattery dan Health Charging App.

Spesifikasi Lengkap

Intel® Core™ i5 7200U Processor

Endless OS

4 GB DDR4 2133MHz SDRAM

15.6" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC with 178˚ wide-viewing angle display

NVIDIA GeForce 940MX , with 2GB GDDR5 VRAM

Hard Drives:
1TB 5400RPM SATA HDD
Solid State Drives:
128GB SATA3 M.2 SSD

Chiclet keyboard

Multi-format card reader (SD/SDHC)

VGA Web Camera

Wi-Fi
Integrated 802.11 AC (2x2)
Bluetooth
Built-in Bluetooth V4.1

1 x Microphone-in/Headphone-out jack
1 x USB 3.1 Type C port(s)
1 x USB 3.0 port(s)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x HDMI
1 x Fingerprint

Built-in Stereo 2 W Speakers And Microphone
ASUS SonicMaster Technology

3 Cells 42 Whrs Battery

Plug Type : ø4 (mm)
Output :
19 V DC, 3.42 A, 65 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal

361.4 x 243.5 x 17.9 mm (WxDxH)



1,7 kg dengan Baterai

BIOS Booting User Password Protection
HDD User Password Protection and Security

Sumber: https://www.asus.com/id

10 Alasan Kenapa Harus Pilih ASUS VivoBook S15 S510UQ

Dari segudang fitur yang bikin gue terkagum-kagum, Laptop ASUS VivoBook S15 S510UQ adalah pilihan terbaik bagi budget minimal dengan performa yang baik dan tidak mengecewakan. Laptop ini pun sangat rekomendasi apabila digunakan oleh mahasiswa Tehnik maupun jurusan lainnya, karena adanya grafis dari NVidia 940MX. Buat gamer juga mantab sih, cuma ya sayang banget aja kalau laptop ringan dan tipis ini buat nge-game, eh tapi kembali ke masing-masing personal aja kali yah.. hahaha.

Jadi kenapa harus memilih ASUS VivoBook S15 S510UQ? 

Splendid panels merupakan sebuah tool untuk menunjukkan warna yang paling akurat, ini adalah teknologi Asus Eye Care. Tiga mode pengalaman menonton terbaik ditawarkan oleh Asus, antara lain adalah mode Eye Care, Vivid , dan Manual.

Dari namanya sudah tidak asing lagi, ya SonicMaster adalah sebuah audio. Asus memastikan speaker yang cocok bagi penggunanya, tata letak serta posisi diperhitungkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Suara yang baik dan sempurna dihasilkan dari teknologi SonicMaster ini. 

Teknologi ini adalah teknologi penyempurna video ekslusif yang ditemukan pada Televisi High-end. Asus Tru2Life menganalisis setiap pixel tunggal dalam fram dan mengoptimalkan kecerahan gambar serta ketajamannya.

Baterai merupakan hal yang vital bagi sebuah laptop, ASUS SuperBatt memberikan kenyamanan jaminan akan baterai yang tahan lebih lama daripada produk lain.

Kontrol windows gesture intuitif untuk menempatkan segala sesuatu pada ujung jari pengguna. Smart Gesture ditawarkan oleh ASUS yang memungkinkan pengguna lebih mudah menggunakannya hingga 4 jari secara bersamaan, sehingga dapat dengan mudah mengoperasikan segala yang menjadi aktivitas pengguna.

Kenyamanan dalam mengetik menjadi sangat penting bagi pengguna, pihak ASUS mengerti itu hingga diciptakan desain keyboard secara ergonomic. Dengan ukuran penuh serta desain chiclet tata letak disesuaikan dengan lininya sehingga menjadi mudah dan nyaman bagi pengguna.

Teknologi ASUS IceCool memberikan kenyamanan kepada penggunanya dalam hal sirkulasi panas yang dapat diminimalisasikan menggunakan teknologi tersebut. secara stabil teknologi ini dapat mempertahankan suhu antara 28º celcius - 35º celcius.

Garansi yang diberikan ASUS cukup panjang dan tahukah anda bahwa hanya ASUS yang memberikan 2 tahun Garansi Global yang benar-benar gratis? ASUS memberikan itu secara cuma-cuma tidak seperti vendor lain. Kerusakan hardware dalam masa 2 tahun tidak dikenakan biaya apapun baik itu biaya service dan biaya spareparts.

ASUS memiliki sebuah task schedule yang mempunyai kelebihan yang instan, teknologi tersebut antara lain dapat langsung menyala dalam waktu 2 detik, laptop ASUS dapat standby hingga 2 minggu, dan backup otomatis secara berkala ke media tertentu.

ASUS dapat tersinkronisasi dengan web storage milik ASUS, pengguna dapat menggunakannya di mana pun dan kapan pun. Kemudahan dalam akses data dari berbagai perangkat yang digunakan dan berbagai data dengan mudah dan cepat dapat dibagikan ke rekan atau keluarga Anda.

Sejarah Asus