CARA MUDAH MENGATASI MASALAH PADA HARDDISK – 1

 

Kerusakan Umum Pada HDD

Pertanyaan :

Pada saat CPU dinyalakan akan terjadi proses POST Test yang akan melakukan hal berupa pengecekan VGA, RAM, HDD dan semua hal yang berhubungan dengan pengecekan BIOS. Pertanyaannya, kenapa walau pada monitor sudah tampil pengecekkan tersebut tapi susah untuk masuk BIOS. Saya tekan tombol DEL tidak bias dan HDD juga tidak terdeteksi di ketahui oleh keterangan pada layar monitor “No Device, Please Insert Another Boot”

Solusi:

Untuk masuk ke BIOS ada beberapa cara, untuk rata-rata komputer rakitan bisa menggunakan tombol Delete/Del, sedang apabila itu komputer build up atau laptop bisa menggunakan tombol F1, F2, F11, Del, Esc, F12, F10 atau F9 tergantung dari merk dan jenis masing-masing komputer/laptop tersebut.

Keyboard Laptop, sumber: dok.pribadi

Apabila susah masuk BIOS, mungkin saja keyboard sedang bermasalah atau tidak terdeksi pada Komputer. Untuk menanggulangi hal tersebut dapat menggunakan keyboard lain untuk cross cek. Keyboard yang normal bekerja menandai dirinya dengan lampu LED yang bisa menyala-mati oleh tombol numlock atau capslock yang bisa di On/Off.

Keyboard Komputer, sumber: dok.pribadi

Sedang untuk masalah HDD tidak terdeteksi, bisa mengecek kabel maupun slot dari HDD tersebut. Cross cek dengan kabel data dan kabel power lainnya, cross cek juga slot pada HDD nya yang interface nya berupa SATA (Serial ATA) atau PATA (Pararel ATA)/IDE. Tiap kabel HDD mempunyai masing-masing kualitas, pilih yang terbaik karena HDD adalah salah satu jantung dari computer sebagai penyimpanan data dan system secara mutlak.

Bagaimana? apa sudah terjawab? atau anda mempunyai masalah lain tentang HDD? Anda bisa menyimak tutorial lanjutannya disini

 

214 total views, 1 views today