CARA MUDAH MENGATASI MASALAH PADA HARDDISK – 2

Kerusakan Umum Pada HDD

Pertanyaan:

Kenapa HDD saya pada proses nya bekerja sangat lambat?

Solusi:

Banyak sebab terjadinya proses yang tidak sempurna pada HDD, kondisi ini disebut sebagai Transfer rate data yang tidak stabil. Untuk menangani hal ini, seorang teknisi computer dapat melalui beberapa tahapan untuk pengecekannya.

Pertama, kemungkinan bisa karena masalah hardware, cross cek kabel data dan kabel power dari HDD tersebut (telah dijelaskan sebelumnya tentang baik-buruknya kabel HDD), penggantian diperlukan untuk memaksimalkan kerja HDD. Setelah penggantian kabel maka perlu di tes kecepatan transfer rate HDD tersebut menggunakan program “Test Speed”.

Bisa juga masalah pada hardware lainnya adalah karena HDD terdeteksi adanya Bad Sector, Delay, cacat pada piringan HDD dan lain sebagainya. Penanganan dalam hal ini adalah pengecekkan lebih lanjut masalah Bad Sector dan Delay yang  kemudian diperbaiki dengan beberapa software khusus memperbaiki Bad Sector dan delay (HDDReg, MHDD, Hdat2, dan lain-lain). Pengertian dari Delay adalah pembacaan yang tertunda (Transfer rate yang buruk) karena masalah eror pada HDD, entah itu masalah MBR rusak, partisi hilang, bad sector pada sector-sektor awal HDD, sehingga pembacaan pada HDD terjadi pengulangan pada sector tersebut. Secara berulang-ulang HDD membaca sector awal itu yang menyebabkan tidak pernah berhentinya proses dan terjadi pembacaan yang berkesan teramat lambat.

Tampilan HDD delay pada program HDDReg, sumber:dok.pribadi

Kedua, kemungkinan bisa karena masalah software. Anda bisa cek directory temporary, file-file cache, file-file dll (dynamic link library), registry, running system, file-file cookies, file-file history, file-file recently, file-file temporary dari internet dan lain sebagainya. Penanganan dalam hal ini tentu dengan pengecekan di semua factor atau bisa menggunakan program utility seperti ccleaner.

Program Ccleaner, Sumber: dok.pribadi

 


Mudah-mudahan artikel ini dapat menyelesaikan masalah kalian. Kalau permasalahan beda mungkin tutorial lainnya bisa berguna, silakan mengikuti post-post tutorial lainnya, atau anda bisa klik disini

76 total views, 1 views today